Home > Balik nama BBN II

Balik nama BBN II



TENTANG BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR

Pengertian Balik Nama STNK dan BPKB adalah pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik pertama (I) ke tangan pemilik kedua (II) dan seterusnya dari dasar jual beli dan hibah kendaraan bermotor. Setelah selesai proses balik nama akan berubah nama pemilik di STNK dan di BPKB, tapi nomor polisi tidak berubah kecuali pindah keluar daerah provinsi. Tempat pengurusan balik nama alih kepemilikan kendaraan bermotor dilakukan setiap samsat daerah Indonesia.

Hanya ingin berbagi pengalaman saja cara pengurusan Balik Nama Kendaraan Bermotor ( Mobil atau Sepeda Motor) sekaligus ganti kaleng plat nomor baru dan STNK langsung atas nama sendiri di samsat Jakarta selatan, Jakarta Pusat, jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Tangerang, Bekasi, Depok, dalam waktu satu hari (sekitar 3 jam). Sebenarnya selain BBN-KB kita juga bisa melakukan Mutasi, Rubah Bentuk, Ganti warna Bayar Pajak Tahunan, perpanjangan stnk, di Samsat yang sama.

Sebenarnya Proses tidak bertele-tele jika kita sudah mengetahui prosedurnya, dan sebaliknya akan terasa rumit dan mengecewakan jika kita belum mengetahui caranya. Okelah akan saya pandu satu persatu tentang apa yang harus dipersiapkan :

Cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor di Samsat Jakarta selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tangerang, Bekasi dan Depok.

Sebagai catatan : Tentukan hari luang dimana kita akan memproses Balik nama tersebut, siapkan mental kesabaran karena kita tentu akan menunggu antrian yang memakan waktu, usahakan datang sepagi mungkin biar kita tidak mengantri terlalu lama.

Simulasinya balik nama STNK seperti dibawah

Sipakan kendaraan yang akan diurus untuk dibawa ke samsat sesuai wilayah masing-masing. Setelah sampaai di samsat ihat plang ataau area cek fisik yang telah disediakan khusus oleh pelayanan samsat. setelah sampai pada area farkir cek fisik samsat anda akan melihaat petugas cek fisik berseragam biru sedang siaga ditengah area parkir langsung tanya saja sesuai dengan keperluan anda. Setelah itu Anda akan mendapatkan tuntunan untuk proses cek fisik. Pastikan kendaraan anda tidak bermasalah pada saat cek fisik. Kalau kendaraan anda punya masalah baik nomor mesin atau nomor rangka tidaka sesuai dengan data samsat atau blokir pidana, jangan harap kendaraan anda akan bisa bawa pulang dan anda juga akan berurusan dengan reserse ranmor.

Proses cek fisik ini lamaanya lebih kurang 2 jam sesuai dengan waktu penurunan suhu mesin kenadaraan anda karena petugas cek fisik tidak akan mau langsung meraba mesin mobil anda pada saat suhu tinggi. Setelah anda mendapatkan hasil cek fisik langsung disaukan dengaan dokumen lain
1. Cek Fisik Kendaraan
2. STNK Asli + FC
3. BPKB Asli + FC
4. FC KTP Pemilik kendaraan saat ini (KTP Pembeli)
5. Kwitansi Jual Beli Kendaraan Bermaterai Rp. 6000,-

Proses:
1. Mengisi formulir Balik Nama yang diperoleh di Loket Pendaftaran Balik Nama
2. Melampirkan syarat-syarat yang dibutuhkan
3. Serahkan ke Loket Balik Nama Kendaraan
4. Anda akan diberikan tanda terima bahwa berkas dalam proses  dan dicatat pada tanda terima agar datang kembali ke samsat pada hari dan tanggal yang sudah ditentukaan oleh petugas pendaftaran balik nama dan bisa langsung pulang
5. Setelah datang kembali , selang waktunya biasanya di samsat polda metro jaya 4 sd 5 hari kerja Silahkan menghubungi kembali petugas yang menerima pendaftaran balik nama sampai anda menerima pengarahan untuk menunggu nota pembayaran pada loket penyerahan dokumen yang telah diproses regitrasi.  menunggu hingga nama dan Nopol Kendaraan anda dipanggil oleh petugas untuk membayar biaya administrasi serta pajak kendaraan (Bila pajak telah lunas, cukup membayar administrasi saja)
6. Setelah selesai pembayaran, tanda terima berkas anda akan diberi cap lunas biaya administrasi
7. Silahkan tanyakan ke petugas, Kapan pengambilan STNK baru anda.
8. Proses Balik Nama STNK kendaraan telah selesai.

Semua kelengkapan Surat difotokopi rangkap 2 (dua

Simulasi balik nama BPKB

Setelah wajib pajak selesai balik nama STNK maka tahap selanjutnya balik nama bpkb. Apa syarat-syarat balik nama bpkp?

1. Siapkan BPKB asli

2. Foto kopi KTP sesuai nama STNK

3. Foto copi Kwitansi pembelian

4. Foto copi cek fisik

Setelah dokumen tersebut lengkap, gabungkan dalam satu maap lalu pergi ke gedung biru. Sebelum masuk ke gedung biru depan pintu anda akan akan di arahkan oleh petugas untuk mengambil nomor antri masuk gedung. Pada antrian ini anda anda harus bersabar karena antrianya sangat panjang atau sedikit anda akan dijemur trik matahar. Setelah anda dapat nomor antirian masuk gedung anda sudah dapat meminta formulir isian untuk pendaftaran balik nama bpkb pada loket bank BRI. Kenapa di loket BRI? ada pembayaran PNBP atau administrasi ganti buku BPKB sebesar Rp. 80.000, untuk mobil. Setelah anda membayar PNBP anda akan menerima formulir dan barcot untuk ditempelkan pada bagian bawah formulir. Setelah selesai formulir di isi dengan data pemilik dan data kendaraan , pemohon langsung mendaftarkan di loket BBN II menunggu 2 menit anda akan mendapatkan tanda terima pendaftaran penulisan BPKB. Setelah itu anda tidak perlu menunggu lansung pulang kiria kira 10 hari kembali lagi ke gedung biru untuk menukarkan tanda terima dengan BPKB asli pada loket pengambilan BPKB selesai sebelak iri gedung. Inilah sekilas pengurusan balik nama BPKB diwilayah samsat Polda Metro jaya

Biro Jasa STNK
CV. TUAH SAKTI JAYA
Jl. Delman utama No. 53 Kebayoran lama Utara
Tanah Kusir Jakarta Selatan 12240
Telp. 021 27506547
Telp.SMS WhatsApp 08111566456 
Pin BB : 543B18C
E-mail: birojasa11@yahoo.com
 

Title website anda
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI